Minggu, 15 Maret 2009


FENOMENA FISIKA

Di daerah yang mengalami musim dingin, ketika cuaca sangat dingin air di permukaan danau membeku membentuk lapisan es. Aakn tetapi, ikan-ikan dan tumbuhan di dalam danau mampu melangsungkan kehidupannya. Mengapa demikian ? Karena air memiliki sifat yang di sebut dengan anomali air.

Pada umumnya, zat cair akan memuai bila dipansakan dan menyusut bila didinginkan. Aakn tetapi tidak demikian halnya pada air, apabila mengalami pemanasan dari suhu 0oC hingga suhu 4oC, maka air akan menyusut. Sebaliknya, apabila mengalami pendinginan dari suhu 4oC hingga 0oC, maka air akan memuai. Sihat pemuaian air yang tidak teratur itulah yang disebut dengan anomali air.

Pada saat cuaca sangat dingin, air di dalam danau mencapai suhu dibawah 4oC, air memuai sehingga massa jenis air menjadi lebih kecil. Air dingin yang bermassa jenis lebih kecil akan bergerak ke permukaan danau, sedangkan air yang bersuhu 4oC memiliki massa jenis yang lebih besar akan bergerak turun ke dasar danau. Akibatnya, air permukaan danau akan membeku terlebih dahulu membentuk lapisan es, sedangkan air dibawah lapisan es pada danau yang dalam tidak pernah membeku. Dengan demikian, ikan dan tumbuhan di dalam danau mampu mempertahankan hidupnya di musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar